Advertisemen
Pada update kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu grafika komputer,barangkali bisa digunakan sebagai panduan dalam membuat tugas praktikum grafika komputer yang menggunakan c++ dan bisa ditampilkan via open GL. yang hasilnya seperti gambar dibawah ini :
#include <GL/glut.h>
#include <windows.h>void init (void) {glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);glLineWidth (1.0);glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6); //(sumbu X & Y)}void Display (void) {glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);glBegin (GL_LINES); //sumbu XglVertex2f (-5.5, 0.0); //Sumbu X negatifglColor3f (1.0, 0.0, 0.0);glVertex2f (5.5, 0.0); //Sumbu X positifglEnd ();glBegin (GL_LINES); // sumbu YglVertex2f (0.0, -5.5); //Sumbu Y negatifglColor3f (1.0, 0.0, 0.0);glVertex2f (0.0, 5.5); //Sumbu Y positifglEnd (); //glBegin (GL_TRIANGLES);glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);glVertex2f (1.0, 1.0); //Titik A (1,1)glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);glVertex2f (4.0, 1.0); //Titik B (4,1)glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);glVertex2f (1.0, 5.0); //Titik C (1,5)glBegin (GL_TRIANGLES);glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);glVertex2f (-1.0, 1.0); //Titik A (-1,1)glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);glVertex2f (-4.0, 1.0); //Titik B (-4,1)glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);glVertex2f (-1.0, 5.0); //Titik C (-1,5)glEnd ();glBegin (GL_TRIANGLE_STRIP);glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);glVertex2f (1.0, -1.0); //Titik A (1,-1)glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);glVertex2f (4.0, -1.0); //Titik B (4,-1)glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);glVertex2f (1.0, -5.0); //Titik C (1,-5)glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);glVertex2f (4.0, -5.0); //Titik D (4,-5)glEnd ();glBegin (GL_QUAD_STRIP);glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);glVertex2f (-1.0, -1.0); //Titik A (-1,-1)glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);glVertex2f (-4.0, -1.0); //Titik B (-4,-1)glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);glVertex2f (-1.0, -5.0); //Titik C (-1,-5)glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);glVertex2f (-4.0, -5.0); //Titik D (-4,-5)glEnd ();glutSwapBuffers ();}void main (int argc, char** argv) {glutInit (&argc, argv);glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);glutInitWindowPosition (0, 0);glutInitWindowSize (1000, 800);glutCreateWindow ("Latihan 2");init ();glutDisplayFunc (Display);glutMainLoop ();}
Advertisemen