Cara Membuat Drive List Box Visual Basic /VB6

Advertisemen
e DriveListBox Tool ini untuk membuat komponen daftar drive atau partisi yang ada di harddisk. Penggunaannya tidak lepas dari komponen lain seperti d DirListBox yang digunakan untuk membuat daftar folder yang diawali dari root drive di komponen DriveListBox dan a FileListBox yang digunakan untuk membuat daftar file yang ada di suatu folder di DirListBox. Jadi nanti penulis tidak akan menjelaskan lagi tentang DirListBox dan FileListBox karena penggunaannya sudah diimplementasikan di bagian DriveListBox ini. Berikut ini cara menggunakan ketiga komponen tersebut.
1. Buka program Visual Basic 6.0, maka dialog New Project akan ditampilkan.
2. Pada dialog New Project tersebut, klik icon Standart EXE kemudian klik tombol Open.  Visual Basic akan membuatkan project baru.
3. Masukan komponen DriveListBox, DirListBox, FileListBox ke dalam Form, atur posisi dan ukuran komponennya seperti di Gambar dibawah ini
 Form DriveListBox
4. Klik kanan di Form dan pilih menu View Code atau klik 2x pada form
5. Pada code editor yang ditampilkan, ketik kode berikut ini:
coding DriveListBox

6. Tekan key F5 untuk melihat hasilnya./Run
7. Pada program yang sedang berjalan, pilih salah satu drive di DriveListBox kemudian pilih folder apapun di   DirListBox. Klik dua kali salah satu file di FileListBox maka kotak pesan berisi lokasi file yang dipilih tersebut akan ditampilkan.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2018 Internet Networking - All Rights Reserved - Template by goomsite